Jadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia

24 Aug 2014

Jadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia - Piala Asia akan berlangsung kurang lebih sebulan. Dibuka di Melbourne pada 9 Januari 2015, sedangkan laga final akan dilakukan di Stadium Australia di Sydney pada 31 Januari 2015. Tuan rumah Australia ternyata tak bisa menghindari lawan berat ketika pengundian atau drawing digelar pada Rabu (26/3/2014) sore WIB di Sydney Opera House. Soalnya, Australia satu grup dengan Korea Selatan, Kuwait dan Oman di grup A.

Australia akan memulai Piala Asia dengan menjamu Kuwait pada 9 Januari 2015. Setelah itu, mereka melawan Oman pada 13 Januari dan terakhir melawan Korea Selatan (17 Januari). Laga pembuka akan digelar di Rectangular Stadium di Melbourne.

Jadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia

Jadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia

Australia adalah satu-satunya negara yang mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah. Pada 5 Januari 2011, di Doha, Qatar, setelah rapat Komite Eksekutif AFC, Presiden AFC saat itu Muhammad Bin Hammam mengumumkan penunjukan Australia sebagai tuan rumah putaran final Piala Asia AFC 2015. “Mengingat upaya Federasi Sepak Bola Australia dalam mengembangkan permainan di wilayah mereka dan mempertimbangkan juga semua prestasi yang telah dibuat terhadap perkembangan sepak bola di Australia dan untuk mendorong Australia untuk mengambil langkah menuju pengembangan permainan, saya senang dan merasa terhormat untuk mengumumkan bahwa komite eksekutif AFC telah menyetujui Australia sebagai negara tuan rumah Piala Asia AFC 2015,” kata Muhammad Bin Hammam.

Pengundian grup Piala Asia 2015 sudah dilakukan meski ada satu negara yang belum ditentukan. Satu tempat lagi akan diisi oleh juara AFC Challenge yang masih berlangsung sampai Mei 2013 nanti. Penentuan pemenang AFC Chalenge akan ditentukan Mei nanti di Maladewa.

Palestina membuat sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia 2015 usai mengalahkan Filipina 1-0 di final ajang AFC Challenge Cup di National Football Stadium, Male, Maladewa, Jumat (30/5). Gol tunggal dari Nu’man Al Fawaghra lewat tendangan bebas di menit 59 sudah cukup untuk mengantar Palestina ambil bagian di Piala Asia untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Performa Palestina sepanjang turnamen ini memang mengesankan. Bahkan, negara yang sering terlibat konflik tersebut tak sekalipun kebobolan sepanjang turnamen ini. Di Piala Asia 2015 yang digelar di Australia, Palestina akan menghuni Grup D bersama Jepang, Jordania, serta Irak. AFC Challenge Cup merupakan turnamen rutin dua tahun sekali yang melibatkan negara-negara dengan pengalaman sepakbola rendah di Asia.

Ketua Panitia Piala Asia, Frank Lowy mengatakan, Piala Asia bakal menjadi jembatan untuk bersatu dengan Asia. “Hari ini menjadi hari yang penting sebelum kick off 9 Januari nanti di Melbourne. Malam ini, fans tim-tim asia terbaik sudah tahu siapa lawan mereka untuk Piala Asia nanti,” katanya.

Berikut IniJadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia :

JADWAL LENGKAP PIALA ASIA

Grup A
9 Januari 2015: Australia vs Kuwait (Stadium Rectangular Melbourne)
10 Januari: Korsel vs Oman (Canberra Stadium)
13 Januari: Kuwait vs Korsel (Canberra Stadium)
13 Januari: Oman vs Australia (Stadium Australia)
17 Januari: Australia vs Korsel (Brisbane Stadium)
17 Januari: Oman vs Kuwait (Newcastle Stadium)

Grup B
10 Januari 2015: Uzbekistan vs Korea Utara (Stadium Australia)
10 Januari 2015: Arab Saudi vs Cina (Brisbane Stadium)
14 Januari: Korea Utara vs Arab Saudi (Rectangular Stadium Melbourne)
14 Januari: Cina vs Uzbekistan (Brisbane Stadium)
18 Januari: Uzbekistan vs Arab Saudi (Rectangular Stadium Melbourne)
18 Januari: Cina vs Korea Utara (Canberra Stadium)

Grup C
11 Januari 2015: Iran vs Bahrain (Melbourne Rectangular Stadium)
11 Januari: Uni Emirat Arab vs Qatar (Canberra Stadium)
15 Januari: Bahrain vs Uni Emirat Arab (Canberra Stadium)
15 Januari: Qatar vs Iran (Stadium Australia)
19 Januari:Iran vs Uni Emirat Arab (Brisbane Stadium)
19 Januari: Qatar vs Bahrain (Stadium Australia)

Grup D
12 Januari 2015: Jepang vs Palestina (Newcastle Stadium)
12 Januari: Yordania vs Irak (Brisbane Stadium )
16 Januari: Juara Palestina vs Yordania (Melbourne Rectangular Stadium)
16 Januari: Irak vs Jepang (Brisbane Stadium)
20 Januari: Jepang vs Yordania (Melbourne Rectangular Stadium)
20 Januari: Irak vs Juara Palestina (Canberra Stadium)


TAGS Jadwal Pertandingan Bola Asian Cup Piala Asia AFC 2015 Australia Asian Cup Piala Asia Piala Asia AFC Agen Piala Asia 2015 Piala Asia 2015 Australia


-

Author

Follow Me