Mencari Kerja di Brunei Darussalam

11 Apr 2012

bruneiTeman-temanku sering bertanya bagaimana sih kamu bisa dapat kerja di Luar Negeri. yah Udah aku Beritahu sajalah Tips and trick dapat kerja di luar negeri. Yuk, Mencari Kerja di Luar Negeri, tapi kali ini saia berkisah Luar Negerinya adalah Negara Islam Brunei Darussalam, tempat saya mencari nafkah. Berikut adalah Tips dan Trik untuk dapat bekerja di Brunei Darussalam tanpa Agent, tapi Negara Brunei semua harus melalui Agent, tapi untuk saat ini Indonesia belum melaksanakan agent-nya di Indonesia, jadi masih aman untuk yang tinggal di Indonesia. Berikut adalah Tips dalam melamar kerja di Negeri Islam Brunei Darussalam yang sangat menjunjung tinggi aqidah dan moral agama Islam sebagi landasan hidup umat beragama dan sosial bermasyarkatnya.

1. Searching melalui Website www.bruneiclassified.com, www.onebrunei.com, www.where2kerja.com, www.learn4good.com, dan website-website perusahaan di brunei pilih career or job vacancy. Atau bisa saja searching di Facebook.

2. Jika Skill kita Ok, dan di terima kita biasanya akan melakukan wawancara online via skype atau media sejenisnya. Setelah Lulus Nanti, Maka perusahaan Brunei akan mengurus Visa kita di brunei melalui agent, oiya sebelum kalian melamar di brunei alangkah lebih baiknya sudah memiliki passport yah(identitas kewarganegaraan) yang di buat di imigrasi di Indonesia bukan cuman di jakarta saja, yang penting jika kota anda ada imigrasi bisa buat passport, lama pembuatan passport cuman 8 hari kerja dan biaya paling mahal 300rb plus bensin + makan dan 3x bolak-balik imigrasi. kalo tak mau repot tinggal buat passport online saja(cara pembuatan tiggal searching google).

3. Beralih selanjutnya visa kerja sudah siap dalam masa 5-10 hari, dan di kirim ke imigrasi brunei di luar negara(dalam kasus ini imigrasi brunei yang ada di Indonesia, di jakarta pusat) ga ada di surabaya dll, cuman di Jakarta saja. Oiya peraturan BNP2TKI mengahruskan kita punya surat endorsment kontrak kerja dari kedutaan Indonesia di Brunei, Jadi alangkah lebih baiknya anda meminta perusahaan membuat kontrak kerja dan di tanda-tangani dan di cap di pihak kedutaan.

4. Urus Surat Verifikasi BNP2TKI, Cukup membawa kontrak kerja yang sudah di cap di pihak kedutaan indonesia yang ada di brunei saja, apa sih fungsi surat verifikasi, surat ini berfungsi untuk mengambil hasil medical check up kita, Ok setelah urus surat verifikasi ini, kita ke Medical Check Up yang ada di jkarta biar ga usah bolak-balik ke kota tujuan yah, Pilih As Saadah di Tebet, or IMC di KP. Melayu atau tempat-tempat lain yang di tunjuk oleh keduataan brunei yang ada di indonesia takut di kira iklan.

5. Medical Check Up biaya standar 350rb tapi yang 2juta juga banyak, dan biaya proses-nya 2 hari sahaja, setelah proses itu maka kita ambil hasil medical check up kita dengan membawa surat verifikasi dari BNP2TKI. Setelah itu kita melenggang ke keduataan Brunei di Jakpus.

6. Waktu untuk penyerahan berkas dari jam 08.30-11.30, so harus pagi-pagi yah, berkas yang di serahin cuman medical check up, sama BUR500(keterangan visa) yang sudah di kirim oleh company brunei ke kita, itu saja, dan biaya untuk cap visa cuman 120rb kalo tambah hajar bleh. Waktu pengambilan cap Visa dari jam 13.30-15.30 dan lamanya proses pengecapan visa 3 hari kerja.

7. Visa KErja sudah Ok, yuk kita buat KTKLN(Sebenarnya sih Ga penting), toh asuransi di Indonesia tahu sendiri, buat yang mau bikin tinggal bikin di bandara saja, dengan menunujukan visa kerja kita dan bayar 400rb untuk asuransi. biar kita bisa aman di luar negeri katanya begono.

8. Ok semua sudah beres, bilang ama company urusan di Indoensia sudah Beres dan siap berangkat ke brunei, Lalu PErusahaan akan mengirim tiket or dalam bentuk cash untuk membeli tiket tergantung kontraknya.

9. Siapkan semua keperluan yang ada yah sebelum berangkat, pelajari dulu kondisi alam, budaya, agama, yang ada di Brunei.

10. Hidup di Brunei. Alhamdulillah yah sekarang udah di Brunei dan bisa merasakan kerja yang keras. Semoga kerja anda di berkati Tuhan, amin.

Info Lanjut:

Tips dan Cara Mencari Kerja di Negara Brunei Darussalam

masijd


TAGS


-

Author

Follow Me