Mindset Buruk Bangsa Indonesia

10 Apr 2012

700872702cf2cda4cb080aadfb7e5dc7_labor-employment_2-300x225Mindset, (minda dalam brunei), Belajar Bahasa Brunei yang aneh-aneh sajalah bagi rakyat jelata indonesia seperti saya, MUlai dari kata indon yang sering di sebut oleh rakyat malaysia dan brunei darussalam khususny rakyat melayu. Mendengar kata Indon tentunya kamu akan marah sekali, saya juga pertama kali karena hasil doktrinasi kaskus. Indon, menurut kaskus adalah kata-kata yang buruk yang di katakan rakyat melay kepada pekerja kita disana.

What the bullshit? Pertama kali saya di panggil indon ketika saya kerja di malaysia sebagai general clerk di salah satu perusahaan swasta malaysia, waktu itu saya di tanya asal kamu darimana, saya bilang dari indonesia(masih lengkap), eh dia jawab orang indon, huft gw mau marah tapi di negara orang hahaha. ga jadi degh. Saya tanya usut punya usut mengapa kami orang indonesia dikatakan indon (padahal saya bukan kuli, ato waiter or pembantu rumah tangga) kerja saia formal coi. Orang Malaysia pun cakap, Indon itu berarti suku atau ras tertentu kalo kita sebut indonesia terlalu panjang jadi lebih baik cakap indon biar singkat padat dan jelas, kayak kita cakap batak, jawa, dll. Alhamdulillah yah, jadi ketika saya berada di brunei darussalam saia sudah gak marah lagi di panggil indon, saya malah bangga di katakan indon, Bagaimana dengan Kamu,,? I’m Indon so what?

Sama ketika saya di katakan TKI, TKI konotasi yang negatif sekali dikata untuk orang indonesia, kesannya TKI adalah mahluk menjijikan di dunia, karena mengemis di ngeri lain. Woi TKI kerja halal, TKI memberi masukkan bagi negara Indonesia. Tanpa TKI indonesia akan kehilangan devisa yang sangat besar. Penduduk Brunei berjumalh 400000 orang dan di tambah 1/4 nya adalah pekerja dari Indonesia dari berbagai sektor, amah(Pembantu Rumah Tangga), supir, samapi level manager, dan menduduki jabatan strategis di kerajaan. TKI berarti Tenaga Kerja Indonesia, Semua orang indonesia yang bekerja baik di dalam dan luar negeri, formal dan informal, tua dan muda, laki-laki dan perempuan asalakan warga negara indonesia itu namanya TKI. Kok malu di katakan TKI, say no shy untuk cakap I’m TKI why not? lebih pilih mana cakap dan bangga saya TKM(tenaga kerja malaysia) atao bilang gw bangga Jadi Tenaga Kerja Indonesia.
CBR003552


TAGS TKI Kata INDON indon bangsa indon


-

Author

Follow Me