Pilih Video Streaming atau Teleconference?

11 Dec 2010

504a950f1088686e33015594791fa317_2wvc_371x275Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.

Sebenarnya penggunaan video streaming ini sudah lama kita lakukan, mungkin kita sudah lupa dengan penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype, youtoube atau yang sejenisnya, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv kini sudah sampai tvone.

Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi dengan internet menjamur di segala penjuru dunia kita makin mudah mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia, seperti saat kita di Singapur, Amerika, dan lainnya kita masih bisa menyimak tayangan televisi di tanah air tanpa perangkat antena televisi atau parabola.

Kemudahan tersebut membuat kita semakin merasa dunia dalam genggaman, kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat dari sebuah teknologi video streaming.

Sedangkan teleconference sendiri merupakan pertukaran langsung dan artikulasi massa informasi antar beberapa orang dan mesin remote dari satu sama lain, tetapi dihubungkan oleh sebuah sistem telekomunikasi. Istilah-istilah seperti konferensi audio, konferensi telepon dan conferencing telepon juga kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada telekonferensi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference dengan menyediakan satu atau lebih hal berikut: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer, telegraf, teletype, radio, dan televisi.
Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari sebuah teleconference melalui video streaming, antara lain biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah daripada kita mengunjungi daerah tersebut, sehingga anggaran bisa ditekan lebih rendah, tidak lepas dari kemudahan, tentu ada yang harus kita butuhkan yang utama adalah sebuahbandwidth / lebar pita akses internet yang dibutuhkan tentunya harus lebih besar, agar tidak terjadi akses yang terputus-putus, semakin besar maka semakin jelas tanpa putus-putus gambar yang dihasilkan, karena untuk gambar bandwidth yang dibutuhkan jauh lebih besar daripada suara.

Streaming video bekerja dengan baik menggunakan Real Time Streaming Protocol (RTSP) atau Hypertext Transfer Protocol (HTTP) sedangkang. Cara kerja dari teleconferencing memberikan komunikasi suara-hanya menggunakan telepon terhubung ke saluran telepon biasa. Pertemuan dapat dilakukan di salah satu dari dua cara: semua peserta dapat diminta untuk menghubungi nomor telepon tertentu atau fasilitator dapat memanggil masing-masing peserta secara individual. Telepon dalam sebuah gedung kantor tunggal biasanya dihubungkan melalui Public Branch Exchange (PBX), yang agregat telepon bangunan sinyal dan mengirimkannya ke sebuah jembatan konferensi. Sebuah jembatan konferensi biasanya adalah perangkat lunak pada komputer khusus yang terletak di kantor perusahaan telepon. Menurut voipbroadcaster.com, juga memungkinkan untuk rumah konferensi jembatan sendiri di dalam perusahaan Anda. Perangkat lunak di jembatan konferensi menghubungkan semua peserta teleconference ke jalur virtual yang sama dan mengirimkan telepon semua sinyal kepada semua pihak, yang memungkinkan panggilan multi arah. Jembatan konferensi dapat memberikan fitur tambahan untuk panggilan konferensi Anda, termasuk perlindungan password, merekam panggilan dan pilihan khusus untuk fasilitator yang ditunjuk.


TAGS


-

Author

Follow Me